Balik ke Tanah Air Hari Ini, Seluruh Tim Bulutangkis Indonesia Negatif Covid-19

Duta Besar Indonesia untuk Inggris Desra Percaya dan Manajer Timnas Badminton RI Ricky Soebagja menggelar konferensi pers virtual terkait insiden yang menimpa atlet dan official bulu tangkis di ajang All England 2021 - Youtube.
21 Maret 2021 11:57 WIB Nyoman Ary Wahyudi Olahraga Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyatakan hasil tes usap PCR Tim Indonesia di Birmingham menyatakan seluruhnya negatif Covid-19.

“Dengan hasil ini, kepulangan tim Indonesia dapat sesuai rencana yaitu, Minggu [21/3/2021] menggunakan Turkish Airlines TK1972 dari London ke Istanbul,” demikian bunyi cuitan di akun Twitter resmi Pengurus Pusat PBSI, Minggu (21/3/2021).

Setelah transit dua jam di Istanbul, penerbangan bakal dilanjutkan dengan TK56 ke Jakarta. Rombongan tim bulu tangkis Indonesia itu direncanakan sampai di Tanah Air pada Senin (22/3/2021), pukul 18.00 WIB.

BACA JUGA : Sesalkan Diskriminasi, Menpora Desak All England 2021 Dihentikan

Adapun, proses tes usap PCR dilakukan oleh dokter PP PBSI Octaviani. Sedangkan tes kit diperoleh dari pihak KBRI London yang langsung dihantarkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Inggris Desra Percaya pada Jumat (19/3/2021).

Sebelumnya, tim bulutangkis dari Indonesia dipaksa mundur dari gelaran All England 2021 lantaran ada dugaan Covid-19. Manajer PBSI untuk All England 2021 Ricky Soebagja mengatakan bahwa seluruh rombongan yang berjumlah 24 orang telah mengikuti pemeriksaan ketika tiba di Birmingham, Inggris.

Awalnya, tim bulu tangkis dari Indonesia mendapat email dari Pemerintah Inggris untuk melakukan isolasi setelah mendapati pelaku perjalanan dari Istanbul ke Inggris, yang satu pesawat dengan tim bulu tangkis Indonesia, terpapar Covid-19.

Sebanyak 20 dari 24 total tim yang diboyong dari Indonesia ke Birmingham Inggris mendapatkan email dari Pemerintah Inggris untuk kemudian melakukan isolasi selama 10 hari mulai 13 hingga 23 Maret 2021 dan tak bisa mengikuti pertandingan.

BACA JUGA : Terima Keputusan All England 2021, Tim Bulutangkis RI Urus Kepulangan

Ricky juga mengungkapkan, setelah mendapat email tersebut, Ahsan dan Hendra yang baru selesai bertanding juga langsung dijemput oleh panitia dan diminta isolasi di hotel.

“Tapi pada dasarnya saat ini terakhir dites, tim Indonesia ini negatif. Saya masih berharap permasalahan ini bisa diselesaikan, artinya memungkinkan tim Indonesia untuk bisa tampil kembali,” kata Ricky.

Dia menuturkan seluruh tim yang terlibat sangat kecewa dengan keputusan Pemerintah Inggris, terlebih secara kondisi seluruhnya sudah siap bertanding.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia