Presiden Jokowi Sebut Kemenangan Greysia/Apriyani Jadi Kado Ulang Tahun Kemerdekaan RI

Pebulutangkis ganda Putri Indonesia Greysia Pollii/Apriyani Rahayu melakukan selebrasi setelah mengalahkan lawannya ganda putri China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dalam final Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
02 Agustus 2021 15:27 WIB Newswire Olahraga Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Pasangan ganda putri asal Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil mempersembahkan medali emas pertama bagi kontingen Garuda di ajang Olimpiade Tokyo.

Presiden Indonesia Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi mengucapkan selamat.

Greysia dan Apriyani berhasil mengalahkan pasangan China Chen Qing Chen / Jia Yi Fan di partai final ganda putri bulu tangkis yang digelar di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Indonesia Pecah Telur, Greysia Polii/Apriyani Rebut Emas

Tampil dengan penuh energi, Greysia/Apriyani menumbangkan lawannya dengan skor 21-19, 21-15.

Kemenangan Greysia/Apriyani juga mengukir sejarah baru sektor ganda putri Indonesia. Greysia/Apriyani tercatat sebagai ganda putri Indonesia pertama yang berhasil ke final dan merebut emas Olimpiade.

"Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu menyabet medali emas Olimpiade Tokyo dalam pertandingan yang alot dan mendebarkan, siang ini," tulis Jokowi di akun Twitter @jokowi, dikutip Senin (2/8/2021).

Baca juga: Jadwal Olimpiade Tokyo 2 Agustus 2021: Greysia/Apriyani Mengejar Emas

"Kemenangan ini menjadi kado ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Selamat dan terima kasih Greysia/Apriyani!"

Dengan keberhasilan ganda putri andalan tim Garuda itu, Indonesia saat ini sudah mengoleksi empat medali. Dengan rincian satu emas, satu perak dan dua perunggu.

Tiga medali sebelumnya disumbang cabang olahraga angkat besi, yaitu dua medali perunggu yang dipersembahkan oleh Windy Cantika Aisah (kelas 49 kilogram) dan Rahmat Erwin Abdullah (kelas 73 kilogram). Sedangkan Eko Yuli Irawan (61 kilogram) menyumbang medali perak.

Sumber : Suara.com