Turnamen Bulutangkis YUZU Isotonic Akmil Open 2021 Digelar Tanpa Penonton

Yuni Kartika dan dua atlet yang akan bertanding di YUZU Isotonic Akmil Open 2021. - Ist
27 Oktober 2021 22:37 WIB Nina Atmasari Olahraga Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Turnamen bulutangkis berskala nasional bertajuk YUZU Isotonic Akmil Open 2021 digelar di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah. Pertandingan ini digelar tanpa penonton sebagai upaya mencegah penularan Virus Covid-19.

Turnamen akan diselenggarakan di dua arena, yakni GOR Djarum Magelang dan GOR Soeroto Akademi Militer mulai Kamis (28/10/2021) hingga Minggu (7/10/2021).

Head of Marketing YUZU ISOTONIC, Bambang Hartono mengatakan YUZU Isotonic Akmil Open 2021 merupakan pelepas dahaga setelah lebih dari 1,5 tahun seluruh turnamen olahraga terhenti akibat pandemi Covid-19. Untuk itu, ia berharap kejuaraan ini dapat menjadi ajang pembuktian diri dan mewujudkan mimpi para atlet muda dalam meniti tangga prestasi di kancah bulutangkis nasional.

Baca juga: Rekor! Sepatu Michael Jordan di Awal Karir Terjual Rp21,28 Miliar

Apalagi, turnamen ini menggelontorkan total hadiah sebesar Rp270 juta untuk para kampiun kejuaraan ini. “Turnamen ini menjadi wadah bagi atlet muda dalam menyalurkan bakat dan kemampuannya di dunia bulutangkis," katanya, dalam konferensi pers secara daring, Rabu (27/10/2021).

Gubernur Akademi Militer, Mayor Jenderal TNI Candra Wijaya, menuturkan sejatinya turnamen ini merupakan rangkaian dari perayaan HUT ke-64 lembaga pendidikan TNI Angkatan Darat tersebut.

“Bulutangkis merupakan olahraga yang dicintai masyarakat dan telah membawa harum nama bangsa di mata dunia. Atas dasar hal tersebut, sudah selayaknya kita memutar kembali kompetisi di level nasional guna mempersiapkan atlet-atlet muda berbakat agar tetap mampu bersaing dengan negara kuat lainnya seperti China, Malaysia, Denmark hingga Korea yang selama ini mendominasi bulutangkis tingkat dunia,” tutur Candra.

Baca juga: Seluruh Wakil Indonesia Gagal Maju ke Final Denmark Open 2021

Turnamen YUZU Isotonic Akmil Open 2021 akan mempertandingkan 24 kategori baik putra dan putri dari berbagai kelompok umur yakni U-11 (tunggal), U-13 (tunggal), U-15 (tunggal, ganda & ganda campuran), U-17 (tunggal, ganda & ganda campuran), U-19 (tunggal, ganda & ganda campuran) serta dewasa (tunggal, ganda & ganda campuran).

Hingga saat ini, total pendaftar mencapai 1.482 peserta untuk seluruh kategori. Beberapa klub besar pun turut ambil bagian dalam turnamen ini diantaranya PB Djarum, Exist Badminton Club, PB Jaya Raya, hingga PB Mutiara Cardinal.

Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, mengatakan tingginya antusiasme para atlet bulutangkis dalam mengikuti kejuaraan ini merupakan sinyal positif mempertahankan dan memperkuat keberlangsungan ekosistem bulutangkis nasional. Di samping itu, Basri juga menguraikan bahwa turnamen ini diharapkan dapat menjadi awal dimulainya kejuaraan – kejuaraan lain di Indonesia supaya prestasi bulutangkis Indonesia di kancah dunia dapat terus berkembang.

“Meskipun masih di tengah kondisi pandemi Covid-19, para atlet muda di Tanah air harus terus diberikan kesempatan untuk meningkatkan kualitas bertandingnya," ungkap Basri Yusuf.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana YUZU Isotonic Akmil Open 2021, Lius Pongoh, mengatakan seluruh aspek dalam penyelenggaraan turnamen ini berpedoman pada protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah di masa pandemi.

"Guna menghindari kerumunan, seluruh pertandingan diselenggarakan tanpa penonton. Para penikmat bulutangkis dapat menyaksikan jalannya turnamen melalui live streaming," katanya.

Setiap peserta wajib melampirkan hasil tes swab antigen sebelum memasuki arena, selalu memakai masker saat tidak bertanding, menyediakan berbagai fasilitas cuci tangan dan memastikan tidak ada kerumunan di area GOR Djarum Magelang maupun GOR Soeroto Akmil untuk menghindari potensi penyebaran virus corona. (Nina Atmasari)