PB Djarum Sukses Jadi Juara Umum YUZU Isotonic Akmil Open 2021

Penyerahan hadiah kepada pemenang YUZU Isotonic Akmil Open 2021, Minggu (7/11/2021). - Ist/dok panitia
07 November 2021 21:47 WIB Nina Atmasari Olahraga Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Tim PB Djarum mendulang sukses di turnamen YUZU Isotonic Akmil Open 2021, yang berakhir Minggu (7/11/2021). Dari 24 nomor pertandingan, PB Djarum berhasil merebut 13 gelar juara. Hasil ini membawa PB Djarum keluar sebagai juara umum YUZU Isotonic Akmil Open 2021.

Menanggapi hasil ini, Manajer PB Djarum, Fung Permadi mengatakan timnya sebenarnya tidak mematok hasil tertentu di turnamen ini. Bahkan, ia justru fokus menyoroti perkembangan para atlet dari sisi teknik dan ketahanan di lapangan.

“Saya lebih menyoroti teknik yang sudah kita latih selama off turnamen karena pandemi selama satu setengah tahun lebih. Bagaimana perkembangan dan kemajuan permainan mereka, saya lebih fokus ke situ. Dan memang saya lihat ada kemajuan. Dari sisi hasil, sejak awal saya tidak terlalu menekankan target tertentu. Balik lagi dari awal saya ingin mengukur kemampuan anak-anak,” kata Fung, dalam siaran pers, Minggu.

Baca juga: Turnamen Bulutangkis YUZU Isotonic Akmil Open 2021 Digelar Tanpa Penonton

Ia mengungkapkan peningkatan mereka terlihat jelas dari sisi kekuatan, karena selama ini mereka sedang fokus pada peningkatan nutrisi dan latihan kekuatan. Anak asuhnya ini berada di masa pertumbuhan sehingga asupan nutrisi merupakan hal yang penting.

Meski puas dengan peningkatan para atlet, Fung tetap memiliki catatan evaluasi untuk timnya. Fung menyoroti beberapa kesalahan yang masih dilakukan anak didiknya saat bertanding.

“Tapi tetap ada evaluasi, ada satu kelemahan yang harus kita perbaiki yaitu hal yang cukup mendasar. Saya lihat para atlet terlalu mudah membuang poin karena kesalahan sendiri. Dan persentase itu cukup besar. Jadi setelah ini akan segera dievaluasi dan dilakukan perbaikan. Sehingga kita bisa mengurangi kelemahan dan mendapatkan hasil yang lebih baik,” lanjut Fung.

Baca juga: Jadwal Lengkap Pertandingan Bulu Tangkis 2022 yang Dirilis BWF

Pertandingan swasta nasional YUZU Isotonic Akmil Open 2021 resmi berakhir hari ini. Laga yang digelar pada 28 Oktober-7 November ini digelar di dua arena, GOR Djarum Magelang dan GOR Suroto Akmil Magelang. Turnamen ini diikuti oleh 1482 atlet yang tersebar di 24 nomor pertandingan, mulai dari usia dini U-11, anak U-13, pemula U-15, remaja U-17, taruna U-19 dan dewasa.

Ketua Panitia YUZU Isotonic Akmil Open 2021, Lius Pongoh mengatakan turnamen kali ini berjalan sukses dan lancar dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat. “Yang paling penting, turnamen ini mendapat antusias besar dari para atlet dan pelatih bulutangkis nasional. Hal ini menjadi signal positif, bahwa turnamen nasional bisa kembali berjalan normal,” kata Lius.

Kapten Humas Akmil, Letkol Arm Kukuh Dwi Antono mengatakan meski dihelat tanpa penonton, turnamen ini tetap disambut antusias oleh pecinta bulutangkis Indonesia. Ini dipastikan dengan banyaknya pecinta bulutangkis yang menyaksikan melalui video streaming.

“Kami berharap kedepannya turnamen ini bisa terus diadakan, sehingga bisa menjadi ajang pencarian bibit-bibit baru bulutangkis Indonesia,” katanya.