Advertisement

Jadi Tuan Rumah, Timnas Siap Tempur di FIBA Asia Cup 2022

Jumali
Jum'at, 24 Juni 2022 - 10:47 WIB
Jumali
Jadi Tuan Rumah, Timnas Siap Tempur di FIBA Asia Cup 2022 Basket Timnas Indonesia / Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTATimnas Bolabasket 5x5 Putra menutup rangkaian uji coba di Australia dengan happy ending.

Ini setelah pada laga kesepuluh, Arki Dikania Wisnu dkk mengalahkan Brisbane Capitals 94-101 di Auchenflower Stadium, Kamis (23/6/2022). Dengan hasil ini, total Timnas bukukan tujuh kemenangan dan tiga kekalahan.

Asisten Pelatih Timnas Bolabasket 5x5 Putra Wahyu Widayat Jati mengaku puas dengan progres timnas. Mereka menunjukkan perkembangan pesat selama try out di Australia. Handicap ini dipercaya akan menjadi modal berharga menatap FIBA Asia Cup 2022 Juli nanti.

"Sejauh ini permainan tim berkembang cukup baik walau masalah komunikasi masih perlu ditingkatkan lagi. Dengan apa yang ditunjukkan tim, seharusnya bisa membuat tim ini meraih hasil lebih baik di FIBA Asia Cup nanti," jelas Wahyu, dikutip dari laman Perbasi, Jumat (24/6/2022).

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi menyatakan, try out di Australia ini bagian dari rencana federasi menaikkan level permainan timnas. Ini setelah mereka sebelumnya kuasai Asia Tenggara dengan juarai SEA Games Hanoi. Harapannya, mereka bisa meraih sukses prestasi di FIBA Asia Cup nanti.

"Demi mencapai sukses prestasi, setelah meraih emas SEA Games lalu, Timnas langsung try out ke Australia. Di sana kita melawan tim-tim divisi satu Liga Australia. Mereka membukukan tujuh kemenangan dari sepuluh pertandingan," jelas Nirmala.

Ketum PP Perbasi Danny Kosasih mengatakan, Timnas akan kembali ke Jakarta setelah menyelesaikan rangkaian uji coba di Australia. Dijadwalkan, mereka akan balik pada 24 Juni 2022 setelah selesaikan 10 pertandingan uji coba. Sekembalinya di Indonesia, mereka langsung fokus selesaikan Kualifikasi FIBA World Cup 2023 dilanjutkan FIBA Asia Cup 2022.

"Timnas saat ini sudah uji coba di Australia 10 kali pertandingan. Rencananya, 24 Juni 2022 sudah pulang, langsung persiapan ke kualifikasi FIBA World Cup 2023 kemudian FIBA Asia Cup. Saya rasa mereka sudah siap," tukas Danny.

Kesiapan Timnas mengukir prestasi di FIBA Asia Cup ditunggu semua pihak. Tak terkecuali Menpora Zainudin Amali. Mentri asal Gorontalo itu menekankan Timnas tidak boleh gagal di FIBA Asia Cup. Mereka harus berjuang keras agar bisa menembus delapan besar dan tampil di FIBA World Cup 2023. Hal tersebut diungkapkan Menpora saat menerima pengurus PP PERBASI dan Ketua Panitia FIBA Asia Cup 2022 di Kantor Menpora Jakarta Kamis sore (23/6/2022).

"Hari ini tinggal 18 hari lagi pelaksanaan FIBA Asia 2022. Akan ada rangkaian acara sebelum FIBA Asia Cup 2022 digelar. Secara pelaksanaan semua sudah siap," terang Menpora.

Advertisement

"Untuk Timnas, ada pesan sederhana. Mereka harus menang agar bisa main di kejuaraan dunia 2023, bukan sekedar jadi penonton. Ketua Umum dan Sekjen sudah meyakinkan kondisi Timnas dan perkembangan terakhir saat di Australia," tukas Menpora.

Teknis Pelaksanaan FIBA

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah mengatakan bahwa sebelum kejuaraan FIBA Asia Cup 2022 yang digelar 12-21 Juli 2022, terlebih dahulu akan ada tes even. Pada tanggal 1 dan 4 Juli 2022, akan ada kualifikasi FIBA World Cup 2023 melawan Arab Saudi dan Jordania.

"Persiapan lokasi tidak masalah, Istora Senayan sudah kita gunakan pada Asian Games 2018. Kita tinggal layout dan dekorasi. Semua peserta dari 16 negara akan di terpusat di Hotel Fairmount. Kita tetap patuhi protokol kesehatan. Untuk kapasitas penonton sudah dapat izin 75 persen penonton dari kapasitas istora," jelas Junas.

Advertisement

Lanjut Junas, sebelum Pelaksana FIBA Asia Cup 2022, akan ada serangkaian acara agar atmosfer basket lebih dirasakan masyarakat. Diantaranya adalah Trophy Tour dan Dribble 2022 (Sebanyak 2022 orang dari berbagai komunitas menggiring bola/dribble) yang dipusatkan di Lapangan Monas Jakarta. Saat ini Trophy Asia Cup sudah bergerak dari Lebanon tempat perhelatan Piala Asia sebelumnya tahun 2017 lalu.

"Dari Lebanon, kemudian ke Syria, Jepang dan terakhir di Filipina. Perkiraan 5 Juli tiba Jakarta, dan akan kita lakukan Trophy Tour sampai nanti puncaknya Parade 10 Juli di Lapangan Monas," ucapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Kian Serius Siapkan Piala Indonesia, PSSI "Sowan" ke Menpora

Sepakbola
| Minggu, 03 Juli 2022, 21:57 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement