Advertisement

FIBA Asia Cup 2022 : Hancurkan Arab Saudi, Indonesia Puncaki Grup A

Jumali
Rabu, 13 Juli 2022 - 09:07 WIB
Jumali
FIBA Asia Cup 2022 : Hancurkan Arab Saudi, Indonesia Puncaki Grup A Pertandingan antara Indonesia melawan Arab Saudi di FIBA Asia Cup 2022 / Fiba.basketball

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Start apik dilakukan oleh Timnas basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022. Mereka sukses mencatatkan kemenangan perdana dengan menaklukkan Arab Saudi, 54-80 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022) malam.

Kemenangan ini tidak hanya sukses melakukan revans pada kekalahan di dua pertemuan sebelumnya tapi juga membuat Timnas lebih percaya diri menatap pertandingan berikutnya. Sekaligus menjadi awal baik kepemimpinan Milos Pejic di FIBA Asia Cup bersama Timnas Indonesia.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Kemenangan ini menempatkan Indonesia di puncak Grup A dengan nilai dua. Andakara Prastawa dkk unggul produktivitas skor dari Australia yang mengalahkan Yordania 78-60 dalam pertandingan yang berlangsung tepat sebelum game Indonesia vs Arab Saudi.

"Para pemain mengeksekusi game plan dengan baik. Saya kira secara keseluruhan para pemain bermain bagus di depan penonton yang luar biasa. Saya ingin berterima kasih kepada penonton yang datang mendukung. Yang terbaik belum datang," terang Manajer Timnas basket Indonesia Jeremy Imanuel Santoso, dikutip dari laman resmi Perbasi, Rabu (13/7/2022).

Dalam pertandingan ini, Coach Milos menurunkan starter Andakara Prastawa, Abraham Damar Grahita, Brandon Jawato, Derrick Michael, dan Marques Bolden. Sementara pelatih Arab Suadi Mohamed Mounir Youssef Elkerdany menampilkan Marzouq Almuwalad, Ali Shubayli, Mathna Almarwani, Mohammed Almarwani, dan Musab Tariq M Kadi.

Dan, Marques Bolden jadi mimpi buruk Arab Saudi pada awal pertandingan. Delapan poin, dua di antaranya lewat sebuah dunk, membawa Indonesia memimpin 10-0 hingga empat menit awal game. Arab Saudi baru bisa memecah kebuntuan saat tembakan tiga angka Mohammed Almarwani melesak mulus ke jaring saat pertandingan memasuki menit kelima. Timnas dominasi kuarter ini dengan menutup pertandingan 18-13.

Memasuki kuarter kedua, Arab Saudi masih belum menemukan jawaban untuk menghentikan Marques. Poin demi poin dicetak pemain naturalisasi Indonesia ini, di antaranya lewat dunk dan tembakan tiga angka. Dua tembakan bebas Jawato membuat Indonesia menutup halftime dengan keunggulan 44-30.

Advertisement

Kuarter ketiga, Indonesia sedikit tertahan. Meksi demikian, Prastawa dkk masih bisa mencetak 17 poin dan hanya kemasukan 15 angka untuk menjauh 61-45. Kuarter akhir, Arab Saudi tak kehabisan bensin. Mereka hanya mencetak 9 angka dan kemasukan 19 poin sehingga menyerah 80-54.

Marques Pemain Terbaik

Marques menjadi pemain terbaik dengan 32 poin 16 rebound dan 6 blok. Dari Arab Saudi, hanya Almarwani yang menembus dobel digit. Ia mencetak 15 angka dalam laga ini. Kekalahan telak ini membuat Arab Saudi sementara berada di dasar klasemen dengan nilai satu.

"Masih ada banyak hal yang bisa kami kembangkan sebagai tim. Ada banyak hal positif. Comeback yang baik setelah kalah minggu lalu. Kami harus terus menjaga fokus dan mengontrol pada pertandingan selanjutnya," ujar Kapten Tim Arki Dikania Wisnu.

Advertisement

Pelatih Mohamed Mounir Youssef Elkerdany mengaku anak asuhnya alami penurunan permainan. Ini jika dibandingkan saat menang dua poin atas Indonesia pada laga sebelumnya. Situasi ini merupakan akibat dari absennya Khalid M Abdel Gabar sementara Indonesia di saat yang sama kehadiran Marques Bolden yang membuat perbedaan sangat besar.

"Bolden bagus bermain dalam menjaga ring. Kami sempat main zone defense untuk meredam agresivitas Bolden tapi hanya efektif dua sampai tiga menit saja. Kemudian pemain Indonesia lain menemukan momentum dan tembakan jarak jauhnya. Selamat untuk Indonesia. Kami menantikan dua game berikutnya," ujarnya

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Sedih karena Tragedi Kanjuruhan, Cristian Gonzales: Itu adalah Rumah Kedua Saya!

Sepakbola
| Senin, 03 Oktober 2022, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement