Advertisement

JIP Jadi Maskot FIBA World Cup 2023

Jumali
Kamis, 28 Juli 2022 - 23:27 WIB
Jumali
JIP Jadi Maskot FIBA World Cup 2023 JIP sebagai maskot FIBA World Cup 2023 - FIBA

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAFIBA telah mengumumkan JIP sebagai maskot FIBA World Cup 2023 (Piala Dunia Basket 2023).

JIP adalah singkatan dari tiga negara tuan rumah FIBA World Cup 2023, yakni Jepang, Indonesia, dan Filipina (Philippines). Di mana, FIBA World Cup 2023 akan digelar mulai 25 Agustus hingga 10 September.

Sebelum JIP ditetapkan, FIBA terlebih dahulu melakukan jajak pendapat terhadap 100.000 orang. JIP yang berbentuk robot ini diharapkan mampu menyatukan seluruh elemen.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Nama JIP sangat cocok untuk maskot yang dirancang dengan indah ini karena menggabungkan dan menyatukan ketiga negara tuan rumah,” kata David Crocker, Direktur Eksekutif FIBA Basketball World Cup 2023, dikutip dari laman FIBA, Kamis (28/7/2022).

"Pengumuman ini bertujuan untuk membangun kegembiraan menuju turnamen tahun depan. Selain itu juga memberikan kesempatan bagi para penggemar untuk bertemu dan berinteraksi dengan maskot unik pada akhir bulan ini di Jakarta, Okinawa, dan Manila melalui beberapa kegiatan yang menyenangkan" lanjutnya.

Sekarang, setelah maskot tersebut memiliki nama, penggemar bola basket di tiga negara tuan rumah tersebut dapat keluar dan melihat langsung JIP sepanjang akhir pekan ini, yaitu pada 30 dan 31 Juli.

Anak-anak dan keluarga di Indonesia dapat datang ke Sarinah Mall di Jakarta pada 30 Juli dari jam 3 sore sampai jam 5 sore untuk berbagai kegiatan. Termasuk di dalamnya meet and greet, gamesanak-anak dan keluarga, serta juga kesempatan untuk menantang maskot tersebut.

Fans di Filipina dapat melihat JIP pada 31 Juli di Mall of Asia Atrium Manila, dengan games dan aktivitas menyenangkan mulai pukul 10 pagi. Juga, pameran yang menampilkan Hype Streetball PH serta live performance dari Eric 'Eruption' Tai, DJ Patty Tiu, dan band terkenal Filipina Sponge Cola, yang akan dimulai pada pukul 14.30.

Presiden SBP Alfredo S. Panlilio mengatakan bangga dengan adanya JIP sebagai nama maskot resmi FIBA Basketball World Cup 2023.

Advertisement

“JIP melambangkan ikatan dan persatuan yang kuat antara Jepang, Indonesia, dan Filipina dalam menyelenggarakan acara olahraga bergengsi seperti World Cup dan menunjukkan tujuan terpadu tuan rumah untuk memperkuat lingkungan melalui praktik daur ulang yang tepat,” katanya.

Bagi mereka yang berada di Jepang, JIP akan tampil sebagai tamu istimewa di berbagai program TV dalam beberapa minggu mendatang. JIP juga akan menghadiri acara One Year to Go FIBA Basketball World Cup 2023, di mana para penggemar dan anak-anak akan dapat bertemu dengan maskot World Cup ini secara personal.

"Saya sangat senang mengumumkan nama resmi maskot kami yang dipilih oleh penggemar dari seluruh dunia,” kata Presiden Asosiasi Bola Basket Jepang dan Presiden Komite Penyelenggara FIBA Basketball World Cup 2023 Jepang, Yuko Mitsuya.

Advertisement

"Sungguh luar biasa penggemar bola basket di seluruh dunia berkumpul secara online untuk memilih nama hebat ini, JIP. Sebagaimana tercermin dari namanya - Jepang, Indonesia, dan Philippines (Filipina) - akan bekerja sama untuk memastikan keberhasilan World Cup multi-negara pertama, dan kami berharap bisa menghadirkan pengalaman terbaik bagi fans bola basket di seluruh dunia,” lanjutnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Daftar 23 Pemain PSIM Jogja yang Diboyong ke Kandang Gresik United

Sepakbola
| Kamis, 29 September 2022, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement