Advertisement

Stadion Terbesar di Dunia Ternyata Ada di Korea Utara, Begini Penampakannya...

Taufan Bara Mukti
Jum'at, 21 Oktober 2022 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Stadion Terbesar di Dunia Ternyata Ada di Korea Utara, Begini Penampakannya... Stadion Rungrado May Day, stadion terbesar di dunia. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tahukah Anda di mana stadion terbesar di dunia berada? Bukan di Brasil yang terkenal dengan Maracana-nya atau India yang terkenal dengan Narendra Modi Stadium-nya, tetapi jawabannya adalah di Korea Utara, yakni Stadion Rungrado May Day atau Rungrado 1st of May Stadium.

Korea Utara boleh jadi tak memiliki tim sepak bola yang disegani di level Asia, bahkan di dunia. Namun, siapa sangka, negara yang dipimpin Kim Jong-un itu justru punya stadion paling besar di dunia. Stadion Rungrado May Day terletak di Pyongyang, Ibu Kota Korea Utara, tepatnya di Pulau Rungrado, Sungai Taedonggang.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dari catatan Guiness Book of Records, Stadion Rungrado May Day mampu menampung hingga 150.000 penonton.

Stadion terbesar di dunia ini pertama kali dibuka pada tanggal 1 Mei 1989. Awalnya, pembangunan Stadion Rungrado May Day dibuat untuk menyaingi Stadion Olimpiade Seoul milik Korea Selatan.

Stadion ini diberi nama tanggal 1 Mei yang merupakan Hari Buruh Internasional, hari penting bagi warga negara Korea Utara.

Keistimewaan Stadion Rungrado May Day terletak pada atapnya yang memiliki 16 cincin lengkungan di dalam cincin sehingga menyerupai Bunga Magnolia, bunga nasional Korea Utara. Atap stadion Rungrado May Day terletak 60 meter di atas permukaan tanah.

BACA JUGA: Indonesia Sapu Bersih Kemenangan di Laga Pertama Kejuaraan Dunia Junior 2022

Stadion Rungrado May Day memiliki delapan tingkat, dengan total luas kompleks stadion mencapai 207.000 meter persegi.

Advertisement

Saking megahnya stadion ini, ada 1.300 ruangan di dalamnya yang termasuk ruang ganti tim, ruang pelatihan, kantor, dan fasilitas lainnya.

Akses masuk ke stadion ini bisa melalui 80 pintu yang tersebar di berbagai penjuru. Hal itu dibuat agar tak ada tumpukan massa yang mengantre untuk masuk atau keluar dari stadion.

Pada 1995, Stadion Rungrado May Day sempat menghelat kejuaraan gulat dunia yang dihadiri oleh 190.000 penonton.

Advertisement

Namun, meski wujud fisiknya adalah stadion sepak bola, Rungrado 1st of May Stadium jarang menggelar event si kulit bundar dalam skala besar. Stadion ini justru menjadi tempat penyelenggaraan festival tahunan Arirang.

Bagian dalam Stadion Rungrado May Day./JIBI

Dikutip dari The Guardian, di dalam Stadion Rungrado May Day terdapat gambar Kim Il-sung dan Kim Jong-Il, dua pemimpin Korea Utara sebelum Kim Jong-Un. Stadion Rungrado May Day pernah menggelar sejumlah ajang besar, mulai dari sepak bola, gulat, hingga maraton. Namun stadion tersebut paling terkenal karena menggelar ajang Arirang Mass Games pada 2002-2005, 2007-2013 dan terakhir 2018-2019.

Kisah Tragis

Advertisement

Stadion Rungrado May Day ternyata juga menyimpan kisah tragis di balik kemegahannya. Selain untuk menggelar acara olahraga, Stadion Rungrado May Day juga pernah menjadi tempat eksekusi mati.

Pada 1992, jenderal yang berkomplot melawan Kim Jong-il, mantan Presiden Korea Utara, dihukum mati di tempat ini.

Tak berhenti sampai di situ, pembantaian lebih kejam terjadi pada 2004. Stadion Rungrado May Day menjadi saksi hukuman pembakaran hidup-hidup jenderal Angkatan Udara yang terlibat dalam upaya pembunuhan Kim Jong-il.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Untuk Maroko, Bono Rela Kepala Sobek hingga Hilang Penglihatan

Sepakbola
| Rabu, 07 Desember 2022, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Menyantap Kuliner Khas Sambil Menjelajahi Wisata Alam di Curug Gedhe Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 05:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement